BakpiaCokelat MonggoEmpingGeplakGudegJogja ScrummyKeripik BelutOleh-OlehSalak PondokTasubaYangko

10 Oleh-Oleh Makanan Di Malioboro Jogja Yang Paling Enak

Yogyakarta atau lebih sering disebut Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang sangat populer di kalangan wisatawan. Pasalnya kota yang diberi julukan sebagai kota pelajar ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari wisata alam hingga wisata kulinernya. Berbicara mengenai kenikmatan makanan di Malioboro Jogja memang tidak diragukan lagi kelezatannya. Lebih jelasnya, berikut 10 oleh-oleh makanan di Malioboro Jogja yang sangat direkomended untuk Anda bawa pulang, yaitu:

1. Cokelat Monggo

Monggo merupakan jenis cokelat asli Jogja buatan dari Thiery Detournay. Cokelat Monggo ini menggunakan cokelat asli di Indonesia yang berasal dari Sulawesi, Jawa hingga Sumatera. Perlu diketahui, banyak yang mengatakan cokelat Monggo tidak kalah lezat dengan cokelat khas Belgia. Salah satu keunikan dari cokelat Monggo ialah menggunakan premium dark chocolate sebagai bagannya hingga 69 persen. Selain itu, cokelat ini juga memiliki banyak varian rasanya, mulai dari mangga, durian, cokelat putih, cabai merah, cokelat putih serta lainnya. 

2. Gudeg

Siapa bilang gudge tidak bisa di bawah pulang sebagai oleh-oleh dari Malioboro Jogja? Nyatanya gudeg menjadi makanan yang sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan. Apalagi gudeg biasanya dibuat dalam dua versi, basah dan kering. Nah, bagi Anda yang ingin membawa pulang gudeg sebaiknya memilih gudeg kering, sebab gudeg kering bisa bertahan hingga tiga hari.

3. Tasuba

Bagi Anda yang memiliki keluarga yang hobi mengonsumsi bakso, maka patut membawa pulang tasuba sebagai oleh-oleh dari Malioboro Jogja. Sebenarnya tahu bakso cukup identik dengan Semarang, meskipun begitu Anda tetap bisa menemukan tasuba (tahu susu bakso) di Jogja.  Tasuba bisa bertahan hingga enam bulan meski tidak menggunakan bahan pengawet. Oleh sebab itu, jangan heran jika oleh-oleh makanan di Malioboro Jogja ini sangat populer dikalangan wisatawan.

4. Geplak

Geplak merupakan salah satu jenis makanan dengan bentuk bulat yang tidak beraturan. Biasanya geplak dibuat dengan irisan kelapa dan dimasak  dengan gula. Makanan dengan warna yang cukup bervariasi ini juga bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan geplak memiliki kandungan gula yang ideal sehingga membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama.

5. Bakpia

Bakpia merupakan salah satu makanan khas Jogja yang sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang berlibur ke Jogja. Bakpia yang banyak beredar di Jogja dan sering dijadikan oleh-oleh ialah, Bakpia Pathok dan Bakpia Kurnia Sari. Kedua jenis bakpia ini juga memiliki varian rasa yang berbeda-beda, seperti rasa keju, kacang hijau, durian, nanas dan juga rasa cokelat. Makanan yang memiliki rasa enak ini juga bisa bertahan cukup lama hingga 6-10 hari. Selain itu, karena bakpia tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya, maka tidak mengherankan jika bakpia tergolong jenis makanan menyehatkan.

6. Salak Pondok

Jogja tidak hanya menghadirkan makanan camilan saja, namun juga menghadirkan buah salah podok sebagai oleh-olehnya. Buah salah pondok ini memang bisa Anda temukan dengan mudah di Jogja, termasuk di Malioboro Jogja. Namun jika Anda ingin mempetik buah salah sendiri maka Anda bisa mendatangi kawasan Sleman atau lebih tepat di lereng Gung Berapi. Dikawasan ini Anda bisa memetik salah pondok dengan rasa segar dan manis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogja.

7. Jogja Scrummy

Bagi Anda yang ingin membawa pulang kue kekinian para arti Indonesia, maka bisa berburu Jogja Scrummy yang merupakan kue karya Dude Harlino. Jogja Scrummy menjadi salah satu kue yang dipadukan dengan brownies kukus dan puff pastry. Selain itu, kue ini juga memiliki beberapa varian rasa seperti cokelat, srikaya, taro, mangga, kacang wortel, karamel serta lainnya.

8. Keripik Belut

Di Jogja Anda tidak hanya bisa menemukan makanan olahan dari belalang, namun juga dari belut. Belut yang diolah menjadi keripik ini memang memiliki rasa yang sangat gurih dan renyah. Sehingga sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh dari Malioboro Jogja.

9. Emping

Eming merupakan salah satu camilan khas Jogja yang terbuat dari bahan dasar jagung yang direbus lalu ditumbuk hingga menjadi pipih. Setelahnya emping ini akan dijemur  sampai mengering seperti kerupuk. Perlu Anda ketahui, emping ini juga menjadi kerupuk yang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Oleh karena itu, emping ini sangat cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Jogja.

10. Yangko

Yangko merupakan jenis camilan yang tidak lekang oleh waktu. Pasalnya kue mochi khas kota Jogja yang bertekstur kenyal dengan isian dalam kacang cincang ini memiliki rasa yang sangat menggugah selera. Selain itu, karena rasanya yang manis, lembut dan legit juga membuatnya sering diburu oleh para wisatawan yang berlibur di Jogja. Apabila Anda ingin membawa pulang oleh-oleh makanan gudeg ini maka Anda bisa dengan mudah menemukannya, termasuk di Malioboro Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *