EventEvent TahunanFestival Kebudayaan YogyakartaKustomfestNgayogjazzPasar KangenPekan Kebudayaan TionghoaSekatenYogyakarta Gamelan Festival

7 Event Tahunan di Malioboro Jogja

Kawasan wisata yang suda dikenal luas biasanya memang terdapat acara tahunan sehingga lebih menarik untuk dikunjungi oleh turis lokal maupun asing. Nah, Yogyakarta termasuk kawasan wisata yang mendapat perhatian penuh dari turis sehingga pemerintah setempat berusaha untuk terus melestarikan budaya asli Jogja dengan 7 event tahunan di Malioboro Jogja.

1. Festival Kebudayaan Yogyakarta

Acara tahunan yang satu ini dulu dikenal dengan Festival Kesenian Yogyakarta. Event ini diadakan sebagai bentuk pelestarian sekaligus memperkenalkan budaya khas Jogja. Ada banyak orang yang menantikan acara yang biasanya diadakan ketika memasuki pertengahan tahun ini. Terdapat berbagai suguhan rangkaian acara yang dilangsungkan dalam waktu dua minggu penuh. Biasanya dilaksanakan antara bulan Juli, Agustus dan September. Berbagai rangkaian acara yang bisa dinikmati antara lain adalah pertunjukan seni dan budaya tradisional dan kontemporer. Acara tahunan ini pertama kali diadakan pada tahun 1989 dengan harapan menjadi khas dari provinsi tersebut sebagai bentuk dari daya tarik wisatawan. 

2. Festival Sekaten

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW di daerah Jogja telah dilakukan secara turun temurun dengan festival sekaten. Jadwal acara ini biasanya setiap tanggal 5 di bulan Jawa Mulud atau Rabiul Awal di tahun Hijriah. Sekaten sendiri memiliki makna Syahadatain yang artinya dalam bahasa Arab adalah kalimat Syahadat. Acara yang juga termasuk pesta rakyat ini digelar dengan berbagai rangkaian tradisi dan ritual. Semua ritual tersebut telah dilaksanakan sejak zaman Wali Songo. Anda bisa melihat arak-arakan Grebek Maulud dan Pasar Malam Perayaan Sekaten tepat di kawasan Alun-alun Utara Keraton. 

3. Kustomfest

Festival yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini pertama kali digelar pada tahun 2012. Acara ini berisi dengan mobil dan motor yang telah dikustom sehingga memiliki tampilan yang lebih menarik. setiap tahunnya acara ini menggunakan tema berbeda. Pada tahun 2019 kemarin pihak penyelenggara mengangkat tema Back to the Roots.

4. Ngayogjazz

Acara tahunan yang satu ini digelar khusus buat Anda yang suka musik jazz. Acara yang digelar secara rutin sejak 2007 ini berlangsung pada bulan November setiap tahun. Musik jazz yang akan Anda nikmati langsung dibawakan oleh musisi jazz handal, baik itu dari Indonesia maupun Internasional. Hal unik dari festival musik jazz ini adalah lokasi pelaksanaannya selalu berubah setiap tahun. Jika Anda ragu ingin menikmati acara ini karena bayarannya, maka jangan keliru karena semuanya bisa dinikmati secara gratis. 

5. Pasar Kangen

Anda pecinta wisata kuliner? Jangan lewatkan acara tahunan yang satu ini agar tidak ketinggalan mencicipi setiap menunya. Ya, pasar kangen merupakan salah satu festival tahunan yang dinanti-nanti oleh para pecinta kuliner. Perayaan pasar kangen ini bertujuan agar Anda bisa bernostalgia dengan berbagai hal yang ada di masa Anda kecil seperti jajanan atau makanan, mainan, koleksi prangko serta aksesori. Pasar ini digelar ketika memasuki pertengahan tahun yakni antara Juli – Agustus dan lokasinya di Taman Budaya Yogyakarta. Anda juga bisa menikmati beragam pertunjukan di pasar kangen yang tentunya berupa seni tradisional. 

6. Pekan Kebudayaan Tionghoa

Anda pasti sudah tidak asing dengan acara yang satu ini. Jika dilihat dari namanya maka sudah jelas bahwa acara tahunan yang satu ini digelar untuk memperkenalkan budaya dari masyarakat etnis Tionghoa yang ada di Jogja. Acara ini dilaksanakan tepat pada saat memperingati Tahun Baru Imlek. Lokasi pelaksanaan acara ini berada di Kampung Ketandan, kawasan Malioboro. Ada berbagai atraksi dari budaya Tionghoa seperti wayang Po Tay Hee dan Barongsai. Selain itu juga ada kuliner serta pernak pernik khas Tionghoa. 

7. Yogyakarta Gamelan Festival

Gamelan merupakan alat musik tradisional khas Yogyakarta. Seni musik gamelan juga dikenal dengan karawitan. Jika Anda penasaran bagaimana yang seni musik gamelan yang seharusnya maka bisa langsung hadir ke Yogyakarta Gamelan Festival yang diadakan setiap tahunnya. Acaranya berlangsung selama tiga hari pada bulan Agustus. Tidak hanya musik gamelan, Anda juga bisa menikmati penampilan musisi Indonesia yang berasal dari berbagai daerah hingga mancanegara. Pelaksanaan acara ini pertama kali diusulkan oleh Alm. Sapto Raharjo dan komunitas Gayam 16 yang bertujuan sebagai ajang pelestarian budaya. 

Pastikan Anda bisa menikmati satu dari 7 event tahunan di Malioboro Jogja agar liburan menyenangkan.

Sumber gambar: www.jogjaprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *